Selamat datang di website SMA Negeri 24 Garut

Lengkapi Navigasi Blogmu Dengan Baik Agar Tidak Membuat Pengunjung Tersesat Atau Salah Masuk Artikel


Hay Guys!
    Setelah beberapa waktu kebelakang kita membahas tentang :
  1. Cara Membuat Blog Keren di Blogger.com
  2. Motivasi Menjadi Blogger Sukses
  3. Cara Membuat Artikel Berkualitas
  4. Solusi Atasi Malas Menulis Artikel
  5. Cara Agar Blog Cepat Terindex dan
  6. Cara Agar Blog Banyak Pengunjung
Sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat dan melengkapi navigasi pada blog agar tidak membuat pengunjung tersesat dan malah membuka artikel yang bukan dia maksud.

Apa sih itu navigasi?


Menurut Wikipedia bahasa Indoensia, navigasi adalah penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya ataupun pada peta.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa navigasi pada blog adalah rambu arah yang akan menuntun pengunjung untuk menuju konten yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Navigasi sangat penting dalam sebuah website maupun blog, karena selain menuntun pengunjung blog untuk masuk ke halaman atau konten yang tepat, navigasi juga bisa merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh blog profesional.

Blog profesional yang dimaksud adalah blog yang benar-benar berkualitas yang memberikan informasi yang tepat pada pengunjung, serta blog tersebut selalu melakukan pembaruan artikel yang bermanfaat bagi pengunjung.

So, if you benar-benar ingin blognya dianggap serius, profesional, dan di sukai baik oleh pengunjung dan search engine, maka segeralah membuat navigasi yang baik agar pengunjung yang masuk pada blogmu tidak tersasar.

Lalu bagaimana cara membuat navgasi yang baik di dalam blog?

Navigasi yang baik adalah yang bisa langsung mengarahkan pengunjung pada konten yang tepat. contohnya, jika pada blog kita memiliki dua pembahasan yaitu tentang komputer dan android, maka sudah jelas kita harus memberikan label atau tag yang sesuai dengan artikel.

Pada kasus ini sebaiknya kamu memberikan label atau tag dengan nama seperti com untuk artikel yang membahas tentang komputer dan andro untuk artikel yang membahas tentang android.

Dengan demikian pengunjung akan dengan mudah menemukan artikel yang memang ingin mereka cari, selain itu dengan memberikan label atau tag, pengunjung juga bisa membuka semua artikel khusus yang hanya sudah diberi label tertentu.

Contohnya adalah jika ada pengunjung yang masuk ke blogmu dan hanya ingin mencari artikel tentang android, maka pengunjung itu bisa dengan mudah mencarinya dengan hanya meng-klik label atau tag com. Begitupun sama halnya bagi label atau tag andro.

Cara membuat label/tag pada blog (blogger) sangat mudah, ketika kamu sudah selesai menulis artikel, kamu tinggal lihat disebelah kanan atas ada bacaan label.

Kamu tinggal klik saja menu label tersebut dan silahkan masukan nama yang relevan dengan isi artikel yang telah kamu buat. Contohnya jika artikel yang kamu buat berjudul "Cara Mengobati Sakit Gigi", maka label atau tag yang tepat untuk artikel ini adalah kesahatan.

lihat gambar dibawah ini sebagai contoh lengkapnya :

Lengkapi Navigasi Blogmu Dengan Baik Agar Tidak Membuat Pengunjung Tersesat Atau Salah Masuk Artikel

Gambar tersebut adalah menu label dari blog kazeb.id, bisa kamu lihat pada gambar diatas ada beberapa label atau tag yang telah dibuat, dan yang tertulis diatas (ngeblog yuk!) adalah label atau tag yang khusus untuk artikel yang membahas seputar blogging.

Jadi poin utama dari pembahasan label/tag sebagai salah satu penunjuk arah bagi pengunjung adalah berfungsi untuk mengumpulkan semua artikel yang terkait dengan lebel tersebut sehingga memudahkan pengunjung dalam mencari konten yang tepat.

Contoh gambar artikel yang terkumpul lewat label dan tag :


Tanda kotak warna merah pada gambar di atas adalah menunjukan artikel yang sudah memiliki label/tag adsense. Yang artinya kesemua artikel tersebut adalah yang hanya membahas tentang google adsense.

Bagaimana, sampai disini sudah mengerti belum?

Mari kita lengkapi navigasi blogmu dengan baik agar tidak membuat pengunjung tersesat atau salah masuk artikel dengan melengkapi navigasi lainnya.

Setelah kamu berhasil memberikan label atau tag pada artikel, sekarang adalah saatnya untuk membuat navigasi pada menu blog.

Saya yakin kamu sudah tau apa itu menu blog, namun akan tetap saya bahas sedikit agar kamu paham tentang navigasi blog yang ada pada menu.

Navigasi yang paling pertama kali dilihat oleh pengunjung adalah pada bagian menu header, pada menu ini biasanya kita memasukan nama label tertentu untuk memudahkan pengunjung menemukan konten yang dicari. 

Lihat contoh gambar header menu kazeb.id :

Lengkapi Navigasi Blogmu Dengan Baik Agar Tidak Membuat Pengunjung Tersesat Atau Salah Masuk Artikel

Setiap template pada blogger kebanyakan memiliki header menu yang bisa kita customisasi, baik dari tampilan ataupun isi dari menu tersebut.

Pada gambar menu header kazeb.id di atas kamu bisa bisa melihat ada dua menu yaitu TIPS BLOGGER dan CERITA. 

Pada menu TIPS BLOGGER seperti yang terlihat pada gambar diatas, kamu juga bisa melihat sub-menu yaitu Adsense dan Ngeblog.

Menu dan sub-menu tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengkhususkan artikel yang terkait dengan pembahasan blogging, sehingga ketika ada pengunjung yang hanya ingin membuka artikel yang hanya berkaitan dengan blogging bisa dengan mudah membukanya lewat tombol menu atau sub-menu tersebut.

Setiap tombol menu dan sub-menu tersebut bisa di isi dengan link label yang sesuai agar lebih memudahkan pengunjung dalam mencari informasi.

Cara mengisi menu label tersebut dengan URL lebale sebenarnya cukup mudah, kamu tinggal klik label pada artikel yang sudah diberi label, kemudian kamu copy URL label tersebut dan masukan URL label tersebut pada menu Edit HTML.

Lihat contoh gambar dibawah ini :



  • Klik Label yang sudah dibuat
Lengkapi Navigasi Blogmu Dengan Baik Agar Tidak Membuat Pengunjung Tersesat Atau Salah Masuk Artikel
  • Pada bagian tab browser, copy URL label tersebut
  • Masuk ke menu theme - edit HTML


  • Paste URL yang telah di copy pada menu



Untuk memudahkan pencarian menu kamu bisa menggunakan tombol ctrl+f, kamu tinggal ketikan saja nama menu yang sudah kamu buat.

Jika belum pernah merasa membuat nama pada menu, biasanya pada template baru, menu yang tertulis adalah menu atau sub-memu atau submenu, tergantung dari sang pembuat template.

Setelah kamu kamu menemukan menu tersebut, pastekan URL label pada bagian href='disini', atau seperti gambar diatas.

Jika kamu sudah selesai melakukan ini maka blogmu sudah bisa dibilang memiliki navigasi yang baik dan akan mudah di pahami oleh pengunjung.

Selanjutnya adalah memisahkan navigasi artikel dan halaman.

Dasarnya sama saja, yang membedakan antara halaman dengan artikel adalah halaman tidak menggunaka label atau tag, jadi URL halaman yang dipasang pada menu adalah konten tunggal.

Jika tersedia menu pada bagian footer maka kamu juga boleh memasangnya dengan label yang kamu inginkan.

Selama tujuannya adalah untuk membuat pengunjung mudah mencari informasi diblogmu, maka itu bisa di bilang fine-fine saja.

Navigasi pada blog bukan hanya berfokus pada artikel ataupun halaman saja, perlu kamu perhatikan juga penempatan widget dan iklan yang baik agar tidak membuat pengunjung kebingungan membedakan mana konten, mana widget, dan mana iklan.

Jika blogmu sudah memiliki minimal tujuh atau delapan artikel, sebaiknya kamu coba membuat sitemap.

Sitemap bertujuan untuk mengumpulkan semua artikel berdasarkan label pada sebuah halaman, sehingga pengunjung yang masuk pada halaman ini bisa membuka semua artikel yang ada pada blogmu.

So bagaimana guys, sampai disini apakah kamu sudah paham cara membuat navigasi yang baik untuk blog?

Semoga saja sudah ya, namun bila informasi dari artikel ini masih kurang, saya sarankan kamu untuk mencari informasi yang lebih banyak dari mbah google. 

Have a nice day :)